Minggu, 02 September 2012

Instalasi Eclipse dan Android SDK

Sebelum memulai Instalasi Eclipse dan Android SDK, pastikan kalau di komputer anda sudah terinstal JDK(Java SE Development Kit). Kalau belum bisa di unduh disini, ukuran filenya kira-kira 78MB. Kalau sudah diunduh, langkah selanjutnya adalah install file JDK yang sudah diunduh tadi.


Oke, sekarang masuk ke tahap selanjutnya sob, tahapan installasi Eclipse.
Untuk melakukan installasi Eclipse (penulis menggunakan Eclipse Juno), kita harus mengunduh file Eclipse tersebut. kalo agan-agan ini belum punya Eclipse Juno, bisa didownload disini pilih yang Eclipse Classic ya, ukuran filenya 153MB.

Setelah selesai di download, nanti file Eclipse akan berupa zip. untuk itu harus diekstrak terlebih dahulu bisa menggunakan winzip atau winrar. setelah diextrak, copi folder "eclipse" dan paste di drive "D".
Untuk memulai installasi, buka folder eclipse dan dobel klik file "eclipse.exe".


Setelah kita dobel klik file eclipse.exe, akan muncul seperti gambar dibawah ini:

maksud gambar diatas adalah tempat untuk menyimpan hasil dari project yang akan kita buat nanti. jika sudah ditentukan langsung saja diklik button "ok". Dan tunggu hingga proses selesai, setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

Langkah berikutnya adalah install plugin ADT, dimana untuk menginstallnya ada 2 cara, yakni cara offline dan online, untuk cara offline kita harus unduh dulu ADT versi 20.03. untuk install ADT Plugin, pertama masuk ke menu "Help => Install New Software"

Setelah itu akan muncul sebuah form, dan pilih button "Add" kemudian isi "Name" dengan "ADT Plugin" dan browse file ADT plugin yang sudah kita unduh. atau jika komputer kita terkoneksi dengan internet isikan alamat "https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/" pada "location" kemudian klik button "ok".

Pada dialog Available Software, pilih checkbox Developer Tools, kemudian klik Next.


Kemudian akan muncul sebuah form lagi dan klik pada opsi "I accept the terms of the license agreements" selanjutnya klik "Finish" dan restart Eclipse anda sob.

Akhirnya installasi Eclipse selesai juga,, hehehee,, tapi jangan keburu senang dulu sob, masih ada satu proses lagi agar kita bisa mendevelop android. oke, gak usah basa basi lagi deh,,

Untuk proses yang terakhir adalah menghubungkan Eclipse dengan SDK.
Langkah pertama adalah masuk ke menu "Window => Preferences"

Kemudian muncul sebuah form lagi, kemudian klik pada tab "Android", Pada dialog tersebut klik button Browse, kemudian arahkan ke path/lokasi folder android-sdk-windows Anda, setelah itu klik "Apply" dan "OK".

Nah,, kalo udah gini, berarti installasi beneran sudah berhasil dilakukan. Semoga tutorial yang sederhana ini bisa bermanfaat. dan selamat sekarang anda sudah bisa mengoprek Android.





0 komentar:

Posting Komentar